Sejarah Inetrnet

Sejarah InternetSejarah Inetrnet -  Kali ini saya akan share sejarah internet untuk sobat semua. Internet pertama kali digunakan sebagai proyek penelitian yang ditemukan oleh Advanced Research Project Agency (ARPA) Department of Defense (DOD) di Amerika Serikat. Pada dasarnya, Internet digunakan untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lain. Versi yang pertama disebut ARPANET. Pada tahun 1972, ARPA berubah menjadi DARPA dengan tetap tetap mempromosikan proyek ARPANET.

Pengembangan Internet dengan dengan jenis peralatan yang berbeda, namun bisa saling berhubungan satu sama lain merupakan tantangan yang besar pada saat itu. Pada tahun 1973-1974, peneliti merancang sebuah Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP). Pada awalnya, TCP/IP dimaksudkan untuk menyediakan dukungan untuk kebutuhan berikut :
  1. Interoperabilitas antar sistem heterogen,
  2. Komunikasi end-to-end berbagai jaringan yang berbeda, dan
  3. Operasi otomatis dan sempurna di dalam menghadapi terjadinya kegagalan hubungan data.



Pada saat itu, aplikasi yang digunakanmasih sangat sederhana daripada yang digunakan saat ini. Aplikasi yang paling banyak yang digunakan mungkin adalah Talnet untuk login remote dan FTP untuk perpindahan file dan e-mail.

Pada awal tahun 1980-an, ARPANET dipecah menjadi dua bagian, yaitu MILNET dan ARPANET karena pertimbangan keamanan.. Pihak militer berjalan terus dengan MILNET, sedangkan penelitian, perkembangan dan sektor lain tetap memakai ARPANET. Pada pertengahan tahun 1980-an, National Science Foundation (NSF) di Washington, D.C. mendistribusikan teknologi internet kepada beberapa universitas (Berkeley, MIT, Stanfort, dan ULCA). Selanjutnya, Internet pun mulai menyebar di dunia.

Pada tahun 1990, DOD memutuskan untuk membubarkan ARPANET dan menggantikannya dengan pendukung (backbone) NSFNET, bekerja sama dengan agen jaringan lain. Hal inilah yang kemudian menjadi prinsip pendukung jaringan Internet.

Tabel berikut adalah tabel statistik populasi dan penggunaan Internet Dunia.


Sejarah InternetSejarah Internet


Sekian informasi dari saya tentang Sejarah Inetrnet. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi sobat blogger yang membutuhkan. Jika sobat berkenan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Sumber Image : Internet World Stats

Ditulis Oleh : Unknown ~ Mari Berbagi

Mari Berbagi Sobat sedang membaca artikel tentang Sejarah Inetrnet. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya


Silahkan masukan Email sobat untuk mendapatkan update artikel terbaru di blog ini :

Delivered by FeedBurner




1 komentar:

  1. Wah, thanks banyak ya.. sy ni lg cari jawaban dari pertanyaan nich...

    BalasHapus

Silahkan Sobat tinggalkan komentar dengan kata - kata yang Baik, Bijak dan Sopan.

Yang tidak diperbolehkan dalam berkomentar :
1. Komentar yang mengandung unsur SARA.
2. Komentar yang berbau PORNO.
3. Komentar Saling CACI MAKI.
4. Komentar yang Memasukan LINK IKLAN dan LINK AKTIF.

Saya harap Sobat dapat mematuhi aturan berkomentar yang saya buat. Jika ada komentar yang melanggar ketentuan tersebut diatas dan dianggap spam akan Saya Hapus. Atas kerjasama sobat sekalian saya ucapkan banyak Terima Kasih. Salam Sukses selalu untuk Sobat dan Salam Blogger.